15 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Menjaga batrai laptop agar tetap awet- sangatlah penting, dimana batrai laptop merupakan salah satu komponen vital dalam laptop, batrai tersebut digunakan untuk menghidupi laptop tanpa tersambung Charger. Baterai haruslah dijaga dengan baik, apalagi untuk laptop dengan baterai tana, mengapa? lebih baik menjaga dari pada terlanjur rusak, harga baterai tersebut juga tidak murah, apalagi jika baterai tanam. Pastinya anda akan kesulitan mencari Costumers Service di Indonesia.

Nah dengan alasan diatas maka mulai sekarang jagalah baterai laptop anda, di Zonamasa saya selalu menyajikan tips trik paling detail dan bermanfaat, pada post kali ini saya akan bagikan cara merawat baterai laptop agar tahan lama, langsung saja tanpa basa-basi ikuti tutorialnya menjaga baterai laptop dibawah ini.

Sumber : Pixabay

15 Cara Merawat Baterai Laptop dengan Benar


1. Jangan menggunakan Laptop dengan kondisi sedang mengisi baterai. Tips pertama ini bertujuan supaya batrai tidak mengalami resiko kerusakan secara kontinue pada setiap isi batrai sambil digunakan, alangkah baiknya jangan menggunakan laptop dengan kondisi sedang isi daya.

2. Jangan gunakan Laptop pada tempat yang lembab/panas. Tempat yang saya maksut adalah seperti kasur, bantal ataupun benda yang menyebabkan suhu meningkat, saran saya gunakan ditempat yang keras seperti : meja, kramik, kaca atau lainya. Jika laptop sobat cepat panas hindari penggunaan ditempat penimbul panas tersebut dengan maksut tidak menambah suhu baterai laptop dengan drastis.

3. Jangan gunakan Laptop dengan indikator kurang dari 9% apalagi 0%. Dampaknya sangat berbahaya, seperti merusak baterai dengan berkurangnya ion-ion didalamnya, jika menggunakan laptop sobat harus mastikan jika sudah ada peringatan baterai low, kalau di laptop saya peringatan low 13% dan saya langsung matikan untuk mengisi sumberdaya.

4. Jangan melepas Charger sebelum Baterai penuh. Jika saat pengisian daya hal yang perlu di ingat ialah jangan melepas cass jika belum penuh, hal ini bertujuan agar beterai lebih awet dan tidak selalu sering cass laptop.

5. Langsung copot Charger jika sudah 100%. Cara ini hanya untuk pemilik laptop yang laptopnya tidak memiliki settingan untuk menghentikan pengisian jika sudah 100%. Tujuanya agar umur baterai lebih lama, untuk itu jangan sampai lupa mencopot cass jika sudah penuh. Berbeda dengan laptop saya yang sudah memiliki sistem menghentikan charger otomatis bila sudah penuh, bagaimana dengan laptop sobat.

6. Matikan jaringan wifi yang terhubung bila laptop tidak digunakan. Memang hal sepele tersebut dapat merusak Baterai Laptop secara pelan-pelan jika masih koneck dengan wifi padahal laptop ditinggal atau masih hidup dan tidak terpakai.

7. Isikan Batrai laptop yang baru di beli sekitar 5-8 jam. Sangat lama bukan, memang jika baru pertama kali cass yang pertama membutuhkan waktu sangat lama hingga 8 jam, ingat jika membeli laptop baru isikan sampai penuh jangan setengah-setengah, atau sampai indikator penuh seperti putih atau hijau karena tiap laptop berbeda indikator lampunya.

8. Hindari mencolokkan cass pada terminal yang bercabang cabang.  Maksut dari terminal bercabang yaitu satu terminal diberi terminal lagi dan lagi sehinggan memiliki daya tampung colokan banyak, ternyata hal tersebut salah besar, mengapa ? Karena hal tersebut menghambat setabilitas arus listrik saat proses pengisian daya, Laptop harus di cass pada terminal inti saja lebih baik, jangan yang bercabang banyak.

9. Gunakan Baterai original dari pabrik. Hal ini sangat berarti dalam menjaga kesehatan baterai, kerana fakta meyebutkan bahwa baterai yang tidak Ori sangat mudah rusak ataupun mengalami kebocoran, jadi rawatlah baterai Ori laptop kalian.

10. Cek driver baterai laptop. Dengan mengecek driver baterai maka anda akan selalu mendapatkan pelayanan yang maksimak dari batrai yang keadaanya sehat. Untuk itu setiap satu bulan sekali luangkan waktu 5 menit untuk mengecek Driver Baterai tersebut agar menghindari kerusakan baterai.

11. Uninstal Driver Baterai yang rusak. Jika driver baterai rusak, maka akan muncul gejala seperti : Baterai laptop tiba-tiba bertahan singkat padahal sebelumnya normal. Jadi segeralah Uninstal Driver yang rusak tersebut untuk menghindari kerusakan baterai secara permanen.

13. Gunakan cass Orisinil pabrik. Jika masih punya cass yang Ori dari pabrik alangkah baiknya gunakan itu saja, jangan gunakan cass yang lain jika tidak terpaksa. Hal ini bertujuan agar pemasukan daya ampare sesuai dengan yang di baterai.

14. Jangan suka melepas Baterai Laptop jika tidak perlu. Jika sering mencopot baterai laptop komungkinan akan merusak tembaga pada baterai sehingga batrai tidak bisa digunakan kembali/tidak bisa terhubung kembali dengan Laptop.

15. Gunakan pendingin jika Baterai/Laptop cepat panas. Yang saya maksut pendingin yaitu kipas usb atau lainya, jika Laptop sobat termasuk jenis laptop yang cepat panas maka gunakanlah kipas usb, mengapa ? karena hal tersebut mencegah naiknya suhu baterai dan mempertahankan keawetan baterai laptop.

Nah itulah tips dari saya yang telah saya ringkas dan perjelas supaya sobat dapat memahaminya, selanjutnya sobat dapat praktekkan langkah yang telah saya bagikan tersebut, intinya merawat baterai laptop bertujuan untuk mempertahankan batrai agar tetap tahan lama.
Baca juga : Cara melacak HP yang hilang atau di curi
Sekian.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mudah Download Lagu Di Soundcloud Tanpa Software

Download Super VPN Terbaru 2017 Unlimited Axis Hits

aplikasi yang dapat memperkuat sinyal android agar stabil dan bagus