5 Penyebab Hp Meldak Dan Cara Mengatasinya

Sumber : Pixabay

Zonamasa-Kurun waktu tahun ini banyak laporan tentang Meledaknya Hp, banyak sekali peristiwa tersebut terjadi di indonesia, hal tersebut biasanya karena para pengguna Handphone tidak memperhatikan larangan atau anjuran dalam penggunaan Hp sehingga dapat awet. Umumnya setiap produk Handphone sudah diberi panduan menggunakannya, namun malah di hiraukan saja.


Di sini saya akan berikan pembahasan lengkap mengenai sembilan penyebab Hp bisa meledak, juga saya akan berikan tips mengatasinya agar tidak terjadi hal tersebut. Perlu diketahui bahwa Ledakan Hp berasal dari isi baterai, isi baterai tersebut sangat mudah meledak hingga menimbulkan korban, contohnya di Bali seorang anak tewas tewas karena terkena ledakan dari baterai Handphonenya karena ia sengaja membakar Handphonenya sendiri, yang terjadi isi dari baterai tersebut bereaksi dan menimbulkan ledakan.

Nah sobat pasti tidak mau ada kejadian yang buruk dari kesalahan menggunakan Hp, untuk itu saya buat artikel penyebab meledaknya Hp dan cara mudah mengatasnya, langsung saja kita simak.

5 Penyebab Hp Meledak Dan Cara Mengatasinya


1. Baterai Cacat


Yang dimaksut dengan baterai cacat yaitu : Baterai dengan banyak kekurangan misalnya, ada kebocoran pelindung, atau kerusakan aliran arus listrik. Tentu sangat berbahaya menggunakan Baterai yang sudah cacat, karena menggunakan baterai cacat dapat menimbulkan ledakan saat menggunakan Handphone dalam waktu lama, hingga Handphone panas dan menyebabkan Baterai beriaksi hingga meledak.

Cara Mengatasi : Mudah saja untuk mengatasi penyebab pertama, yaitu dengan membuang baterai tersebut karena menimbulkan bahawa, sobat dapat ganti yang baru saja.

2. Terlalu lama Charger Handphone


Jika baterai Hp sudah penuh maka langsunglah copot Charger Hp, cara ini juga berfungsi untuk memperlama daya tahan baterai. Perlu di ketahui jika baterai sudah terisi penuh atau 100% tidak dicabut cassnya maka akan timbul aliran listrik berlebih, Hp sudah penuh dan menolak untuk di isi, sehingga Hp akan panas dan menggeluarkan Bau gosong, mungkin bisa meledak.


Cara Mengatasi : Seperti yang kita tahu bahwa terlalu lama mengecas tidak baik, nah mengatasinya adalah jangan mengisi Hp saat hendak tidur malam, jangan mengisi Hp jika mau pergi lama, dan masih banyak lagi.

3. Menggunakan Hp sambil Mengisi Daya


Memang hal ini benar sekali, bahwa saat mengecass jangan gunakan Hp. Akibat buruk dari menggunakan Hp sambil Cass sangat banyak misal membuat Hp meledak, Baterai drop, Merusak Hardware dan lain sebagainya. Nah sobat perlu perhatikan penyebab yang ke-3 ini, memang sepertinya sepele namun dampak yang dihasilkan begitu besar.

Cara Mengatasinya : Tinggalkan Handphone sobat ketika sedang mengisi daya, jangan sampai menggunakan sambil mengisi daya, atau malah menggunakan data internet, sangat berbahaya.

4. Charger Hp tidak sesuai Jenis dan Serinya


Nah perlu diketahui tetang hal ini, dimana anda harus menggunakan charger sesuai merek, jika anda membeli Charger baru, sesuaikan seri dan merek terlebih dahulu. Charger yang tidak sesuai dengan Hp akan menimbulkan dampak buruk, hal ini terjadi karena tegangan listrik yang masuk tidak sesuai alokasi penerimaanya, biasanya berbeda ampere Hp dengan Charger.

Cara Mengatasinya : Jangan menggunakan Charger berbeda Jenis jika tidak terpaksa, jangan membeli charger dengan merek dan jenis berbeda, gunakanlah charger lama bila masih bisa di pakai.


5. Penggunaan Baterai Tidak Original


Nah penyebab terakhir yaitu menggunakan baterai yang tidak ori, mengapa dilarang ? karena penggunaan baterai Hp tidak Original sangat berbahaya bagi Hp, apalagi jika Hp dengan Baterai tersebut tidak dapat selaras, maka akan timbuk kerusakan Hp atau Baterai dan bisa menimbulkan Ledakan.

Cara Mengatasniny : Mudah saja kok, jika ingin membeli Baterai baru sobat harus cocokkan serinya terlebih dahulu, lebih baik gunakan yang sejenis dengan seri sama bila ada.

Nah itulah beberapa tips mengenai menjaga baterai Hp agar tidak meledak dan penyebab ledakan tersebut. Selanjutnya sobat silahkan baca artike lainnya tentang teknologi, jangan lupa berkunjung kembali karena di sini update terus, sekian.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mudah Download Lagu Di Soundcloud Tanpa Software

Download Super VPN Terbaru 2017 Unlimited Axis Hits

aplikasi yang dapat memperkuat sinyal android agar stabil dan bagus