Cara Mudah Mengatasi Kursor Mouse Bergerak Sendiri

Zonamasa - Pasti kita ketahu bahwa Mouse sangatlah penting untuk memunculkan kursor agar dapat mengendalikan Komputer atau Laptop. Para pengguna Komputer atau Laptop pastinya sudah pernah merasakan jika Kursor di layar bergerak dengan sendirinya. Hal tersebut dianggap mengganggu dan mempersulit pekerjaan.

Untuk itu saya akan memberikan tutoria mengatasi hal tersebut. Perlu diketahui bahwa kelancaran kursor sangat mempengaruhi hasil pekerjaan, nah untuk itu beberapa penyebab mungkin terjadi. Hal yang menyebabkan Kursor Mouse bergerak sendiri umumnya ada tiga. apa saja itu ? langsung saja ikuti dan terapkan cara mengatasi Kursor bergerak sendiri.

Sumber : Arsip Zonamasa

Cara Mengatasi Kursor Bergerak Sendiri :


Nah, saya perjelas terlebih dahulu apa saja yang mempengaruhi mouse bergerak sendiri. yaitu touchpad, sensor dan mouse. langsung saja simak satu persatu krena berbeda pengguna berbeda cara mengatasinya.


1. Sensor Sulit Bekerja


Sensor pada mouse memang bagian paling inti untuk menggerakkan kursor, namun sensor tersebut biasanya memiliki kendala yang menyebabkan kursor bergerak sendiri. Ada beberapa kendala misal : Penggunaan mouse pada medan yang tidak rata, mouse ditaruh pada medan yang berkaca, dan mouse diletakkan pada busa.

Jika medan tidak rata maka mouse akan sulit menerima perintah karena sensornya memiliki masalah dengan rata medan yang dituju. Apa bila menggunakan Mouse pada medan yang berkaca maka sensor akan terpantul dan biasanya kursor dapat beu rgerak sendiri. Terakhir peletakan mouse pada busa yang berpori besar akan mempersulit kursor bergerak.

Cara Mengatasi : Gunakanlah pada medan sepeti Kayu, kramik, atau kertas. Hindarilah menggunakan mouse pada medan berkaca seperti meja.

Nah itulah cara pertama mengatasi Mouse bergerak sendiri, cara tersebut sudah saya prektekkan dan berhasil. Jika anda masih mengalami Kursor bergerak maka lakukan langkah ke dua dan tiga.


2. Mouse Memiliki Masalah


Kendala yang dimiliki mouse dapat menyebabkan kursor dapat bergerak sendiri. Beberapa hal yang menjadikan kursor bergerak karena mouse memiliki masalah adalah : Kabel pada Mouse terjepit, Sensor pada Mouse rusak atau  Konektor rusak.

Untuk kabel mouse terjepit dapat mengganggu pergerakan kursor karena kabel tersebutlah yang memberi sambungan perintah dari mouse ke kursor. Jika Sensor rusak juga dapat mempengaruhi seperti kursor akan terjadi "erorr"  sehingga akan bergerak dengan sendirinya. Terakhir, Konektor rusak juga dapat mempengaruhi penerimaan perintah dari mouse ke kursor.

Cara Mengatasi : Jika kabel terjepit atau bengkok maka tinggal meluruskan jika masih bisa. Untuk Sensor dan Konektor yang rusak hanya dapat diatasi dengan mengganti Mouse yang baru, karena dua masalah tesebut hanya bisa diatasi dengan mengganti yan baru.


3. Touchpad


Touhpad ialah media sentuh penggerak kursor yang ada pada laptop, sehingga komputer tidak terkait dengan tips ke tiga ini. Masalah jika anda menggunakan Mouse USB pada laptop dan kursor tersebur bergerak sendiri pasti tangan atau jari anda ada tang menyentuh Touchpad.

Sehingga cara mengatasinya ialah mematikan fungsi pada Touchpad, tenang saja kita dapat mengembalikan fungsin Touchpad dengan mudah. Ikuti lagkahnya dibawah ini.

  • Pilih tombo fn + f7 untuk laptop yang berbeda maka sesuaikan saja
  • Laptop/Komputer Merek Mac fn+f2
  • Laptop/Komputer Merek Acer fn+f7
  • Laptop/Komputer Merek Toshiba fn+f9 
  • Laptop/Komputer Merek Asus fn+f3 tau f7 
  • Laptop/Komputer Merek Dell fn+f7  
  • Laptop/Komputer Merek Lenovo fn+f6
Nah, untuk mengembalikan klik lagi kombinasi tombol tersebut. Hasilnya sentuh pada laptop dapat mati dan juga dapat dihidupkan.

Selesai. Itulah 3 cara mengatasi kursor mouse bergerak sendiri, silahkan anda praktekkan sesuai tutorial dari saya. Semoga bermanfaat artikel kali ini, sekian.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Mudah Download Lagu Di Soundcloud Tanpa Software

Download Super VPN Terbaru 2017 Unlimited Axis Hits

aplikasi yang dapat memperkuat sinyal android agar stabil dan bagus