Jangan Pernah Ambil Flashdisk Yang Jatuh Di Jalan, Begini Mengatasinya

Flashdisk merupakan perangkat keras yang dibutuhkan oleh device berupa Laptop atau PC. Flashdisk ini dimanfaatkan untuk penyimpanan luar atau exsternal, yaitu penyimpanan ruang yang sangat terbatas dan sedikit untuk menyimpan data berukuran rendah.

Sekarang ini banyak bermunculan Flashdisk yang dijatuhkan di jalan, hal tersebut sebagian ada yan disengaja untuk kepentingan negatif. Namun, bagaimana langkah yang akan kamu lakukan jika menemukan flashdisk dijalan?. Nah untuk itu ketahuilah bahwa kesalahan sedikit saja akan mendatangkan danpak negatif jika langsung digunakan. Untuk itu pada artikel ini saya akan bahas tuntas mengenai bahaya,cara mengatasi dan solusi tepatnya.

Sumber : Pixabay

Bahaya Flashdisk sengaja dijatuhkan


Ingat jangan sekali-kali memungut flashdiks dijalan, akan tetapi ternyata boleh saja asalkan mengikuti tips yang akan saya bagikan. Sebelum itu kita simak terlebih dahulu apa sih bahaya dari Flashdisk yang sengaja dijatuhkan.

1. Ancaman Virus (Malware)


Pertama, ialah kemungkinan flashdisk yang dijatuhkan dengan sengaja sudah ditanami virus berbahaya atau malware. Tujuan utama saat orang sengaja membuang flashdisknya ialah ingin mengambil data terget. Biasanya incaranya ialah file berupa data dan password akun, kerena akun yang di incar biasanya memiliki simpanan penting seperti paypal, adsense dan masih banyak lagi.

Malware yang biasanya ditanam ialah malware jenis Trojan, virus ini sngat berbahaya karena menginfeksi komputer orang lain dengan tidak diketahui. Virus yang biasa ditanam ini dapat berbentuk seperti file dan sangat sulit dideteksi.

2. USB Killer


USB Killer kedengarannya sangat berbahaya karena Killer berarti pembunuh. Jadi USB Killer dapat dimaksutkan dengan USB Pembunuh komputer, yaitu Flashdisk tersebut dapat merusak perangkat komputer. Tentunya sangat berbahaya bukan, karena sekarang memang sudah ada USB Killer asli.

Rancangan Konsep USB Pembunuh ini dirancang oleh "Dark Purple" yang menghancurkan laptop dengan serangan tegangan arus yang sangat kuat pada USB dan masuk langsung pada Laptop/Komputer.


Cara Mengatasi Fashdisk yang dijatuhkan di jalan


Solusi mengatasinya akan saya bahas jelas pada post kali ini. Ternyata boleh saja mengambil flashdisk di jalan asalkan anda mengikuti tips yang akan saya bagikan.


1. Scan terlebih dahulu


Tips pertama, dapat anda terapkan. Caranya jika anda telah mengambil flashdisk langsung saja menuju ke warnet terdekat untuk scan apakah ada virusnya atau bukan. Anda pastinya tidak akan meraya khawatir jika menscan di komputer warnet dibanding di laptop/komputer sendiri.

Untuk scannya anda dapat memanfaatkan Komputer Warnet yang memiliki anti virus avas atau sebagainya. Dan untuk berjaga-jaga jangan langsung pasangkan Flashdisk ke laptop anda.

2. Lepas Pelindung atau Tutup


Selanjutnya jika tidak ada warnet terdekat maka anda harus lepas terlebih dahulu tutup Flashdisk agar bisa mengatahui keadaan didalamnya. Perhatikan dengan baik apakah ada baian yang mencurigakan selain bagian Flashdisk. Setelah dirasa aman maka selanjutnya pasang kembali tutupnya dan boleh memasukkannya ke laptop. Jangan lupa gunakan anti virus yang kuat seperti Avas.

Itulah Bahaya dari menggambil flashdisk yang sengaja dijatuhkan beserta cara mengatasinya. Sekian artikel dari Zonamasa. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mudah Download Lagu Di Soundcloud Tanpa Software

Download Super VPN Terbaru 2017 Unlimited Axis Hits

aplikasi yang dapat memperkuat sinyal android agar stabil dan bagus