5 Cara agar terhindar Virus Ransomware, walaupun online Internet

Kali ini saya akan bagikan tips untuk menghindari Virus Ransomware walaupun sobat dalam keadaan Online. Nah sebelum saya jelaskan tentang tips tersebut, mula-mula saFya akan kenalkan dengan Virus Ransomware.

Virus Ransomware WannaCry merupkan Virus yang sangat mematikan, virus ini telah menyerang 150 negara yang sebelumnya 99 negara, virus ini juga telah menginfeksi 75 ribu komputer diseluruh dunia, mungkin seiring bertambahnya waktu, jumlah komputer yang terinfeksi lebih banyak. Lalu apa dampak yang diakibatkan jika terkena virus itu? Nah hasil cek data, menyebutkan bahwa komputer yang terkena virus tersebut akan terkunci seluruh datanya, jika ingin kembali, para perancang cirus tersebut menginginkan tebusan sebesar 4 juta rupiah.  Mungkin langkah yang akan sobat lakukan adalah iInstal ulang komputer, itupun bila data komputer sobat tidak berarti, jika yang terkena virus tersebut adalah komputer berisi akun adsense, paypal, maka sangatlah membahayakan.

Sumber : Pixabay

Umumnya virus tersebut dibuat bermula dari kelemahan windows, memang benar virus tersebut hanya menginfeksi sistem oprasi windows terutama windows xp, jika di sistem lain seperti linux, maka virus tersebut tidak dapat menginfeksi. Sekedar info : virus Ransomware sekarang ini sudah diperjual belikan, bahkan sudah disebarkan dengan gratis. Nah sebab itu saya akan bagikan tips online biar tidak terkena Ransomware.

Cara Terhindar dari Virus Ransomware walaupun Online dengan internet


1. Hindari membuka Link tidak jelas

Saat sobat online dengan komputer, maka ingatlah jangan masuk ke link yang aneh, tandanya link aneh yaitu, berbahasa asing, deskripsi aneh, file aneh. Link tersebut dapat berupa link unduh, link website ataupun link vidio. Mengapa saya larang untuk membuka Link tak jelas? alasannya link tersebut kemungkinan sudah dimasuki Virus Ransomware. Memang hanya dengan masuk link tersebut, komputer anda langsung terinfeksi Virus itu, jadi sekali lagi saya tegaskan jangan membuka Link tidak jelas.

2. Hindari berkomunikasi dengan  Pengguna Socmed yang baru ditemui

Nah yang kali ini mungkin sobat sudah paham, hanya dengan hal sepele tersebut, kemungkinan komputer akan terjangkit virus. Mengapa demikian? karena komunikasi dengan oang baru, kemungkinan ia memiliki virus tersebut, jika ia menginginkan data yang sobat milikia, maka si pemilik virus tersebut akan memaksa sobat untuk menuju link yang ia buat. Itulah mengapa saya masukkan dalam tips menghindari virus Ransomware.

3. Gunakan sistem oprasi bot selain widows

Maksutnya, jika sobat memiliki bot lain gunakan yang selain windows. Memang perlu menginstala terlebih dahulu. Seperti yang sudah saya terangkan di atas, bahwa hanya sistem oprasi windows yang terjangkit, maka gunakanlah Linux atau semacamnya.

4. Gunakan Antivirus aktif saat Online

Cara ini terbukti ampuh, jika sobat inggin Online tanpa terkena virus tersebut maka gunakanlah antivirus, dan aktifkan dulu dalam bentuk mode online agar komputer sobat dapat terhindar dari ransomware. Untuk antivirus  cukuplah menggunakan smartdaf, tetapi rekomendasi saya gunakan Avast atau Avast pro.

5. Masuklah pada Link resmi atau Situs resmi

Situs resmi memungkinkan sobat terhindar virus, itu disebabkan situs resmi telah memiliki izin dan bersih dari malware termasuk Ransomware. contoh situs-situs resmi yaitu : detik.com, kompas, liputan6 Dll.

 Itulah yang dapat saya sampaikan mengenai Cara menghindari Ransomware disaat terhubung ke internet, dengan ini sobat dapat lebih meningkatkan keamanan pribadi pada PC masing-masing, semoga bermanfaat.
Sekian

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mudah Download Lagu Di Soundcloud Tanpa Software

Download Super VPN Terbaru 2017 Unlimited Axis Hits

aplikasi yang dapat memperkuat sinyal android agar stabil dan bagus