Pengertian Link Dofollow Nofollow dan cara mengetahuinya

Link adalah suatu deretan kata suatu website atau tempat menuju sebuat site, ada juga Link yang dimaksut Backlink, yaitu masuknya link blog lain ke blog yang dimasuki, umumnya penyebaran link hanya menggunakan ".html". Ada yang lebih baik dari itu, yaitu Link Dofollow dan Nofollow. Link tersebut sangatlah penting untuk dipelajari, disini saya akan menjelaskan tentang Link Dofollow dan Nofollow.

Sumber : Google.com
Baru-baru ini Google merilis kebijakan untuk para blogger di dunia agar mengurangi pemasukan link Dofollow bagi web yang sedang didaftarkan Adsense. Kebijakan Google tersebut sangatlah kompeten, bahwa dimana blog dengan banyak Link Dofollow, Google akan kesulitan review karena banyaknya link yang dicantumkan dalam sebuah artikel. Jika link yang dimasukkan dalam artikel  hanya sedikit atau bahkan tidak ada, silahkan mendaftarkan adsense dengan Link Dofollow saja.

Dengan adanya Link Dofollow dan Nofollow diharapkan, link link yang terdapat didalam site dapat terindex, namun perlu anda ketahui apa itu Link Dofollow dan Nofollow, lebih jelasnya silahkan pahami arti link tersebut, karena ini adalah salah satu materi SEO sederhana untuk sukses menjalankan blog tingkat SEO.

1. Penggertian Dofollow Nofollow


Link sebuah site umumnya dibagi menjadi dua, yaitu Nofollow dan Dofollow, link tersebut sangat berbeda pengertian, biasanya link Dofollow Nofollow dapat diketahui secara jelas. Sebelum itu saya akan terangkan pengertian dari ke-2 link tersebut.


a. Dofollow


Link Dofollow terdiri dari dua suku kata yaitu do dan follow.  Arti dari kata tersebut ialah "mengikuti" , maksutnya bukan mengikuti dalam arti socmed, akan tetapi diartikan dengan Link yang mengikuti Link utama, istilahnya ialah link yang ikut dalam sebuah artikel. Bisa juga diartikan dengan link yang dimasukkan dalam artikel saat proses pembuatan artikel.

Dalam Link Dofollow, sangat berarti penting yaitu Link yang dibuat Dofollow, maka semua link didalamnya akan ikut terindex. Dalam proses Crawl dengan Link Dofollow maka link bawahan juga ikut muncul dalam mesin pencari google, yahoo, dan lainnya.

Maka dapat disimpulkan mengapa Google membatasi Link Dofollow saat review, jawabannya ialah google lebih mudah saat proses review karena jika sedikit link Dofollow maka sedikit link yang akan di cek google, ini dimaksutkan agar Google tidak membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mempersetujui blog anda.


b. Nofollow


Link tersebut juga berasal dari dua kata, No dan Follow, No artinya "tidak" sedangkan Follow "mengikuti". Jadi Nofollow merupakan Link induk tanpa di ikuti link bawahan, bisa juga di maknai dengan Link Artikel yang tidak diikuti dengan link link yang dibuat didalamnya/dimasukkan pada artikel tersebut.

Nofollow berguna saat mendaftarkan blog ke adsense, dengan Hanya link induk, maka google akan lebih cepat Memberikan pemberitauan diterima tidaknya sebuah blog yang ditaftarkan. Jika blog dengan banyak Link Nofollow itu tidak bagus, karena link link didalamnya tidak akan ikut terindex, kalau tidak terindek maka dimesin pencari tidak akan pernah ketemu, kecuali menulis linknya dengan benar.

Link Nofollow ternyata dapat digunakan untuk meningkatkan trafic halaman, walaupun sedikit. Nah ada baiknya memasukkan link dalam Link induk dengan seimbang, artinya : tidak terlalu banyak/tidak sama sekali. Memang sebuah blog biasanya memasukkan link dalam artikelnya biasanya link unduh atau link kembali, nah jika begitu gunakanlah index Dofollow.

c. Kesimpulan


Setelah mengetahui arti dua link diatas, maka selanjutnya mengetahui apa bedanya dan apa pengaruh yang dihasilkan dari dua link berbeda tersebut. Dofollow link dipandang Google sangat berarti, kecuali satu, yaitu saat daftar adsense saja, sedangkan Nofollow link tidak berarti apa-apa dimata Google.

Dilihat dari pengaruhnya, kedua link tersebut berbeda sekali, bahwa Dofollow sangat bermanfaat bagi pagerank, karena dapat meningkatkan rank web anda, dibanding dengan Nofollow lebih merujuk pada peningkatan natural backlink dan kualitas halaman.

Intinya dengan adanya perbedaan kedua link tersebut, harus ada kombinasi antar keduanya. Blog harus seimbang dalam menaruh link Dofollow dan Nofollow, misal 50% dengan 50%, jadi keduanya dapat dimanfaatkan kelebihan dan menekan kekurangan dari 2 link tersebut.

2. Cara mengetahui Dofollow Nofollow


Pertama, Link dapat dilihat dari kode bawah ini
<a href=”http://zonamasa.blogspot.com/”>ZONAMASA</a>
dan
<a href=”http://zonamasa.blogspot.com/” rel=”nofollow”>ZONAMASA</a>
Perhatikan Link yang berwarna kuning, link tersebut adalah Dofollow
Lihat yang berwarna Merah, link dengan adanya tulisan nofollow itu yang disebut Nofollow link

Untuk pembuatan Link nofollow cukup mudah, hanya klik "link" pada edit artikel. selanjutnya jika ingin memasukkan link lebih baik centang NOFOLLOW, agar blog anda tidak dianggap spam, oleh google, dan lakukan perbandingan seperti diatas, satu nofollow satu lagi dofollow agar seimbang. Perhatikan cara membuat artikel nofollow.


Cara kedua, lihat pada sebuah artikel, jika artikel tersebut ada kaitannya seperti kata "Baca juga" itu bebarti Dofollow karena link tersebut mengikuti link induk. Sedangkan yang Nofollow tanpa link bawahan, seperti contoh dibawah


Nah, itulah 2 cara mengetahui yang telah saya ringkas agar anda dapat memahaminya, memang belajar link Dofollow Nofollow merupakan salah satu metode paling dasar SEO. Sekian yang dapat saya sampaikan Tentang pengertian, cara mengetahui Dofollow dan Nofollow.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mudah Download Lagu Di Soundcloud Tanpa Software

Download Super VPN Terbaru 2017 Unlimited Axis Hits

aplikasi yang dapat memperkuat sinyal android agar stabil dan bagus