Cara Mengatasi HP Yang Basah Terkena Air

Mengatasi HP terkena Air - Memang jika HP atau Android terkena air harus cepat-cepat diatasi dan mengunakan cara yang benar. HP dapat menjadi rusak parah akibat tidak mengetahui cara mengatasinya yang benar, oleh karena itu saya akan berikan tips mengatasi HP atau Android yang tercemplung ke air atau basah terkena air. Air yang dimaksut bisa dari air hujan, air bak mandi atau apapun.

Pada beberapa jenis dan merek HP ada yang tahan dengan air semisal Samsung Galaxy S7 dan Sony Experia. Nah jenis HP terebut tak perlu khawatir jika terkena air, berbeda dengan HP yang tak tahan air pasti sangat berbahaya. Memang secepatnya harus di tanggulangi dengan benar, agar HP tidak terjadi kerusakan apapun.

Kemungkinan yang terjadi jika salah mengatasi untuk HP yang tidak tahan air ada 3. Pertama, HP akan mti total, Bisa hidup tapi tidak normal dan Menyala tetapi hanya berwarna putih. Nah itulah beberapa kerusakan yang mungkin terjadi. Langsung saja kita simak cara mengatasi HP terkena air.

Sumber : Cicamit.blogspot.com


Mengatasi HP atau Android Basah kena Air


1. Matikan HP jika masih Hidup


Cara pertama ini benar-benar penting untuk diterapkan, dengan mematikan HP maka kemungkinan HP tidak menimbulkan kerusakan tahap awal. Untuk itu jangan sekali-kali menghidupkan HP sebelum air yang masuk sudah hilang sepenuhnya.

Bukan hanya itu tetapi ingatlah jangan menyambungkan HP dengan Charger agar tidak terjadi kerusakan baterai dan PCB. Untuk pengamanan yang pertama memang harus dibiarkan mati walaupun baterai habis, tetapi tenang saja karena masih ada tahap selanjutnya.

2. Lepaskan semua komponen inti ( Baterai, SIM Card, Memory )


Nah tahap ke-2 ini berfungsi mengamankan Komponen yang dibutuhkan dalam HP. Komponen tersebut biasanya Baterai, SIM, dan kartu memory. Melepas komponen tersebut akan menjaga data anda dari kerusakan sehingga data yang ada pada Memory SIM dapat terselamatkan.

Pelepasan baterai juga perlu agar air tidak dapat memasuki baterai lewar jalu celah. Bahaya jika baterai terkena air karena jika digunakan akan menimbulkan kerusakan parah pada baterai dan HP. Oleh karena itu jika air baru saja masuk, langsung cepat lapas semua komponen yang diperlukan.

3. Bongkar Bagian HP


Jika mempunyai alat untuk membongkar anda harus gunakan. Karena jika HP tercelup air dengan durasi lama, maka kemungkinan air dapat masuk ke PCB dan bagian lainya. Nah jika air tersebut masuk maka satu-persatu PCB dapat terjadi kerusakan.

Jika tidak bisa membongkar HP maka janganlah hidupkan HP sampai kering total kira-kira 4 sampai 5 hari lamanya, memang anda harus bersabar menunggu agar hasilnya maksimal.

4. Keringkan LCD


Jika HP dapat terbongkar maka fokus utama terlebih dahulu pada LCD, jika HP tercelup lama pasti air sudah masuk pada LCD. Oleh karena itu LCD harus dikeringkan terlebih dahulu atau dikeringkan menggunakan kain dan menunggu beberapa jam hingga tidak ada air sedikitpun.

Bahaya jika LCD masih mengandung air, jika HP dihidupkan maka layar akan menimbulkan warna Hitam yang tidak bisa diatasi.

5. Keringkan Total Badan HP


Jika sudah selesai dengan LCD maka fokuslah pada seluruh bagian HP, anda dapat mengeringkan dengan cara menggunakan kain. Selanjutnya keringkan dibawah matahari pagi, dan jangan terlalu lama agar koponen tetap dalam kondisi baik.

Untuk menjaga keseluruhan Komponen HP maka tunggu hingga kering dibawah matahari kira-kira 1-2 jam jangan berlebihan, karena panas matahari juga bisa merusak komponen langsung.

6. Masukkan pada Wadah Berisi Beras


Tahap ke-6 ini hanya di khususkan saat kondisi hujan atau jika HP sulit dikeringkan. Caranya masukkan komponen HP kedalam Beras hingga tertutup semua bagian dengan beras. Cara ini menggunakan sistem Elektrostais, beras dapat mengangkat butiran kecil air sehingga HP dapat kering sempurna.

Untuk keadaan HP terlalu basah maka rendamlah selama 1-2 hari. Jika HP hanya sedikit butiran air maka cukuplah rendam 1 hari saja.

7. Pasang atau Rakit kembali HP dan sambungkan Charger


Tahap terakhir yaitu memasang kembali semua rangkaian HP, rakitlah dengan benar agar Android dapat dihidupkan dengan baik. Nah jika sudah hidup maka gunakanlah dan cek apa masih ada masalah pada Android, jika tidak maka anda berhasil mengatasi Android yang basah.

Pasti HP akan kehabisan baterai karena lama didiamkan, oleh karena itu lagsung saja isi daya dengan menyambungkan HP ke charger.

Itulah Tujuh cara mengatasi HP atau Android yang terkena air. Selanjutnya cara tersebut dapat anda manfaatkan bila terjadi kemasukan air pada HP. Sekian artikel mengatasi HP Basah, semoga bermanfaat.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Mudah Download Lagu Di Soundcloud Tanpa Software

Download Super VPN Terbaru 2017 Unlimited Axis Hits

aplikasi yang dapat memperkuat sinyal android agar stabil dan bagus